DEMONTRASI KATA-KATA ALA AKTIVIS EKSTRA PARLEMEN ONLINE

Artikel yang berkaitan



Oleh : H A M K A   D J U F R I
AKTIVIS PP LKMM DAN PARLEMEN EKSTRA ONLINE

Seiring dengan perkembangan  pesat dunia informasi dan komunikasi menuntut setiap orang untuk lebih kreatife dan inovatif ,perkembangan tersebut juga memaksa kita untuk merubah gaya hidup.
Gelombang  transformasi teknologi informasi dan komunikasi,telah meniadakan batas jarak,rentang kendali, dan telah memicu adrenalin sikap kritis kita yang dituangkan dalam bentuk kata-kata,melalui media social yang kini menjadi bagian dari live style. 
Gelombang transformasi teknologi,telah menjadi sarana efektif untuk menyalurkan bakat minat dan sikap kritis terhadap segala bentuk kebijakan pemerintah,masih segar di ingatan kita didunia hiburan  aksi Sinta Jojo,aksi dan Norman Kamaru dua diantara sekian banyak yang tidak  disebut,telah menjadikan mereka terkenal di jagad dunia maya,serta berhasil memalingkan perhatian public terhadap issue – issue di republic ini.
Dan,masih segar di ingatan kita bagaiamana social media memunculkan gerakan Koin Untuk prita yang behasil mengkoordiansikan semua elemen masyarkat mengumpulkan koin  untuk pembebasan ibu Prita atas tuntutan hukum yang mencederai rasa keadilan anak bangsa,hampir semua media nasional menjadikan topic utama dalam pemberintaannya.

Gelombang transformasi teknologi,telah menjadi sarana untuk menyampaikan kritik dan mobilisasi masa untuk menumbangkan rezim penguasa zholim,masih segar diingatan kita juga bagaimana peristiwa revolusi mesir,Tunisia,Libya,suria dan sbg yang berhasil memobilasisi masa melalui Social media  serta berhasil melengserkan rezim-rezim tersebut.
Menyampaikan Sikap kritis dan aktualisasi talenta melalui Social Media selama ini cukup efektif,bisa saya sebut telah menjadi trend masa kini.Kehadiran Social media menjadikan hidup menjadi berubah,jarak bukan lagi jadi halangan untuk berkomunikasi,semua orang menjadi berani untuk tampil mengeluarkan ide,gagasan dan keprihatian meskipu dengan identitas sama-samar atau alamat palsu.

Revolusi Ala Parlemen Ekstra Online.
Indonesia merupakan Negara yang berada pada posisi pertama di asia pengguna twitter dan berada pada posisi kedua pengguna facebook,tidak segan-segan para facebooker dan twitts menyampaikan kritik mereka kepada pemerintah,konsep dan gagasan meluncur bak roket turpedu menghantam kebijakan dan sikap pemerintah yang kontra dengan kepentingan rakyat.

Pengawalan terhdapa berbagai kasus di negeri ini tak luput dari perhatian pengguna social media,perkembangan social media yang agresif ,menjadi momok menakutkan terhadap penguasa yang zholim,gambaran nyata penggulingan rezim mubrak (mesir ),rezim ben Ali ( Tunisia ) dan Rezim Qadafi ( Libya ) menjadikan mereka ekstra hati-hati dengan para aktivis parlemen ekstra online ( pengguna media sosial ).

RRC misalnya memblokir situs – situs yang berhubungan dengan Revolusi yang terjadi di timur tenga serta menindak tegas para pengguna media social yang mengkrtisi dan berupaya untuk membangun opini kontra terhdapa pemerintah,seirama denga RRC,Malaysia juga ketakutan terjangkiti virus Revolusi melati,bahkan Indonesia pun demikian pemerintah panik atas gelombang revolusi melati,namun meski tak seekstrim RRC dan Malaysia yang memblokir situs-situs Revolusi melati.
Penyampaian gagasan dan ide serta sikap Ktritis di social media terus mengalir namun belum seekstrim rovolusi melati,semua masih berjalan pada situasi yang terkendali,dari sekian banyak gerakan yang  bersemangat revolusi ,namun belum mampu menyamai gerakan revolusi timur tengah.
Demontrasi kata-kata yang berlangsung saat ini di media social akan sampai pada titik puncak dimana revolusi melati terjadi.
Peristiwa demi peristiwa yang terjadi di negeri ini akan meniupkan ruh perubahan.Kasus Mesuji,papua,dan yang terakhir kasus bima ketiganya adalah kasus krisis kemanusiaan dan masih banyak lagi insiden memilukan,yang terjadi di negeri ini yang mencabik-cabik kedaulatan rakyat Indonesia dan menghianati  hak-hak rakyat Indonesia,akankah DEMONTRASI KATA-KATA dari social media meniupkan ruh revolusi dan berbuah menjadi revolusi parlemen jalanan sebagaimana yang terjadi pada 98 yang lalu?.
“Perubahan adalah hukum alam,mereka yang melihat masa lalu dan masa kini akan tertinggal dimasa depan”( Jhon F Kenedy ).
Jika menurut Jhon F Kenedy perubahan adalah hukum alam, maka setiap perubahan ada periodik atau siklusnya,sebagaimana alam yang berjalan sesuai dengan siklus,artinya bahwa kita akan menunggu 30 tahun lagi untuk menanti siklus perubahan itu,dari tahun 66 sampai tahun 98 rentang 30 tahun lebih baru kemudian perubahan besar terjadi dinegeri ini .siklus perubahan di Indonesia.
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” ( QS 13:11 ).
Dan bila perubahan itu  dikembalikan kepada suatu kaum,kelompok,suatu bangsa atau Negara ,maka sesungguhnya perubahan itu tidak mengenal siklus.Sebentar,besok,minggu depan atau bulan depan perubahan akan datang,dan mungkin yang menjadi pelopor adalah para aktifis Parlemen Ekstra Online.




Share